Blog

24

Feb

2018

SIMPLYMII AFTERNOON TEA PARTY

Posted by simplymii

Dear #Ladyloves,

Akhirnya kembali bisa update blog ini. Good News, SimplyMii akan mengadakan lagi acara Afternoon Tea Party, khusus untuk #ladyloves - SimplyMii Lovers.

Simak ya bonus dan spesial diskonnya yang sudah kami share di Instastory:

S1

S2

S3

4

Nov

2017

Revisited: desain dan arsitektur Muslim di Andalusia

Posted by simplymii
Perjalanan ke Andalusia, provinsi bagian selatan Spanyol ini berawal dari beberapa tahun yang lampau, terinspirasi dari buku-buku yang menceritakan tentang keindahan istana Alhambra. Karena penasaran dengan wujud asli dari istana yang dibangun oleh Muhammad ibn al-Ahmar ibn Nasr (pendiri Dinasti Nasrid), maka sejak 2 tahun yang lalu kami menabung supaya bisa berkunjung dan melihatnya langsung.




Tahun 711, kaum Muslim dari Afrika Utara memasuki kawasan Iberia (Spanyol dan Portugal) atau juga dikenal sebagai provinsi Andalusia, untuk membantu Raja Visigoth bernama Witiza, di masa itu sedang berseteru dengan saudaranya, Roderick. Akibat dari ketidak kompetenan kaum Visigoth ini, maka lambat laun kaum Muslim mulai memerintah di seluruh semenanjung Iberia, kecuali sebuah wilayah kecil di utara yang disebut Cantabria.


Tahun 912, Abd-ar Rahman menjadi Emir Cordoba di awal usia 20-an tahun, dan menjadi penguasa terkuat di semenanjung Iberia. Beliau menjadi penguasa setelah kakeknya, Emir Abdallah, lebih cenderung memilih cucunya, dibandingkan anak-anaknya sendiri, sebagai pewaris tahta. Sang Emir kemudian melakukan konsolidasi di internal kerajaan dan memperluas wilayah kekuasaannya, mulai dari Cordoba hingga ke Sevilla, Granada dan Malaga. Istana dan pusat pemerintahan beliau berada di Medina Azahara (sekitar 5 km dari pusat kota Cordoba). Di masa puncaknya, terdapat sekitar 3.000 masjid dan 100.000 toko di sekitar kota Cordoba.




Tahun 1212, Emirates Cordoba jatuh ke tangan Raja Spanyol dalam kampanye Reconquista (penaklukan kembali). Seluruh wilayah kaum Muslim di Andalusia telah jatuh ke tangan kaum Kristen Kerajaan Spanyol, kecuali wilayah Granada, yang terbentang dari Almeria di timur hingga selat Gibraltar yang berbatasan dengan Afrika Utara. Kontur pegunungan Sierra Nevada di sekeliling kota Granada yang membuatnya bak benteng alam serta Istana Alhambra yang terletak jauh di puncak bukit dengan desain dan arsitektur militer untuk menjaganya dari serbuan musuh, membuat penguasa Katolik Spanyol di utara enggan untuk menyerang.





Tahun 1246, Raja Ferdinand III akhirnya memutuskan untuk membiarkan Muhammad ibn  al-Ahmar ibn Nasr mengkonsolidasikan kerajaan-kerajaan di selatan (Granada, Almeria dan Malaga) yang ber ibu kota di kota Granada, dengan syarat memberikan upeti  tahunan (tribunal) kepada sang Raja.


Masa kejayaan Granada berlanjut hingga 200-an tahun lamanya: dilanjutkan oleh Sultan Yusuf I (1333-54), sampai Sultan Muhammad V (1354-91), namun akhirnya berakhir di jaman Sultan Boabdil (Abu-Ahd-illah) tahun 1492 – hal ini karena politik pecah belah yang dilakukan oleh penguasa Spanyol pada waktu itu: Raja Ferdinand of Aragon dan Ratu Isabella of Castile (mereka mendapat julukan Monarki Katolik oleh Paus), sehingga Boabdil berkhianat terhadap ayahnya, yang menyebabkan Emirate of Granada menjadi lemah.


Ada literatur yang mengatakan bahwa, penguasa Spanyol yang didukung oleh Paus di Vatikan dan pejuang perang Salib, ingin membalas dendam atas kekalahan kaum Kristen di Konstantinopel yang telah jatuh ke tangan Dinasti Ottoman yang Muslim. Maka penaklukan Granada, kesultanan Islam terakhir di tanah Eropa, akan membuat skor menjadi 1-1 bagi mereka.

Berbicara mengenai desain dan arsitektur bangunan di Andalusia, banyak bangunan yang terinspirasi dari desain yang bernafaskan Islam dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Seperti contoh Masjid Mezquita, Cordoba, sultan pada waktu itu memerintahkan pembangunan masjid, dengan desain yang merujuk pada Masjid Raya di Damaskus, Syiria – sebagai simbol pertalian antara Dinasti Ummayad dan Emir Cordoba. Kemudian, Masjid Raya tersebut berubah fungsi menjadi gereja kathedral di bawah kekuasaan Monarki Katolik Spanyol.


Istana Alhambra, adalah contoh lain perjalanan panjang sejarah desain dari desain bernafaskan Islam yang dominan menggunakan ayat-ayat suci sebagai elemen dekorasi dan bentuk geometris (karena filosofi Islam sendiri, sesuai petunjuk Rasullulah).

Kemudian di tangan penguasa Kristen Spanyol, banyak perubahan yang dilakukan sesuai perkembangan zaman, meskipun masih menggunakan tenaga ahli kaum Mudéjar (ahli desain dan arsitektur Muslim yang berada di bawah penguasa Kristen Spanyol), dan kemudian dilanjutkan oleh orang asli Spanyol sendiri setelah orang-orang Muslim diusir keluar dari Andalusia. Sebagai contoh Istana Charles V, yang berada di tengah-tengah kawasan Alhambra, dengan arsitektur yang banyak dipengaruhi desain tiang-tiang Romawi dan ornamen yang sedang trend di masa itu (perpaduan antara Plastereque, Gothic, Mannerism dan Rennaisance). 




Banyak yang tidak tahu, bahwa nama Alhambra berasal dari nama pendiri Dinasti Nasrid yaitu Al-hamar, yang artinya kurang lebih Istana untuk melindungi si Merah (Muhahmmad Al Hamar di gambarkan memiliki janggut merah). Namun, yang lebih unik lagi, istana tersebut sebenarnya bukanlah berwarna merah seperti sekarang, justru zaman dahulu dicat putih oleh Sultan untuk supaya lebih dingin karena warna putih cenderung menolak panas. (Spanyol selatan beriklim seperti kawasan Mediteranea: bermandikan cahaya matahari dan suhu antara 17-30 derajat celcius).

Spirit dari desain Mudéjar, akhinrya diserap oleh seniman-seniman Spanyol sendiri di kota lain, dan menjadi gerakan Neo-Mudéjar. Contohnya adalah Gaudi, arsitek kebanggaan kota Barcelona di Catalonia, yang menerapkan elemen-elemen Mudéjar di karyanya seperti Casa Vicens dan La Pedrera.






Suhu yang ramah (rata-rata 17-30 derajat celcius), tanah yang subur, sinar matahari yang melimpah, letak yang strategis di pintu gerbang Laut Tengah, membuatnya wilayah Andalusia mencapai kemakmurannya sampai sekarang. Budaya, desain, serta arsitektur berkembang pesat seriring dengan kemajuan ekonomi kesultanan (tahun 900 – 1200M).








3

Sep

2017

SimplyMii Trip to Bali

Posted by simplymii
Yipiiii........



Akhirnya setelah bekerja keras selama setahun belakangan, tim SimplyMii memutuskan untuk mengasah kerjasama dan tim spirit dengan melakukan perjalan menuju pulau dewata, Bali.

Jika selama ini ladyloves mungkin hanya bisa chat via aplikasi WhatsApp ataupun via LINE, maka foto di atas adalah foto "behind the scene" personel-personel yang selama ini bekerja melayani customer dan ladyloves dengan sepenuh hati.




Tasya, Nadya, Yanti, Sani, Ara dan Tasya bahu membahu melayani semua permintaan yang masuk baik itu via online maupun di store kami District 12, fX Sudirman. Sedangkan Fadil dan Boy memberikan support dalam hal administrasi persediaan/inventory dan produksi barang. Mereka semua adalah tulang punggung brand SimplyMii dari mulai nol sampai sekarang.

Kembali ke jurnal perjalanan SimplyMii, hari pertama dari airport langsung menuju kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK). Karena trip ke Bali tentu tak akan lengkap tanpa berkunjung ke kompleks ini serta juga menonton pertujunjukkan Tari Kecak di Pura Uluwatu.



Garuda Wisnu Kencana adalah taman kultural seluas kurang lebih 60 hektar yang digagas oleh Nyoman Nuarta dan teman-temannya sebagai "tribut" kepada dewa Wisnu serta kepada burung "mythical" Garuda. Tadinya patung ini dirancang berdiri megah setinggi 120 meter dan bisa terlihat dari jarak berpuluh kilometer. Namun karena saran dan pertimbangan dari pemuka adat setempat akan kurangnya keseimbangan alam jika ada satu patung yang dominan dibandingkan kawasan sekitarnya, maka saat ini patung tertinggi hanyalah Patung Wisnu yang tegak berdiri setinggi 23 meter.

Setelah puas menikmati pemandangan dan berfoto ria, perjalanan dilanjutkan menuju Pura Uluwatu, di ujung selatan Pulau Bali, untuk menikmati Tari Kecak. Pertujukkan Tari yang diciptakan tahun 1930-an ini terinspirasi dari kisah klasik Ramayana, dimana Sri Rama berjuang mempertahankan martabat dan harga dirinya serta menyelamatkan Dewi Sinta yang diculik oleh raksasa mengerikan bernama Rahwana. Bunyi ...cak...cak...cak adalah metafora dari suara kera-kera pengikut setia Sri Rama yang dipimpin oleh Hanuman. Hari itu, banyak sekali wisatawan mancanegara yang datang, sehingga lokasi pertunjukkan penuh sesak, meluber hingga ke tepi arena teater. Setelah menonton pertunjukkan hingga selesai, perjalanan dilanjutkan untuk menikmati santap malam di kawasan Jimbaran.










Keesokan harinya, pergi ke pantai adalah hal yang wajib di Bali, dan tentu saja bermain-main di laut adalah salah satunya. Tanjung Benoa di Nusa Dua menjadi rute tujuan untuk menghabiskan waktu di siang itu. Pengelola area water sport menawarkan banyak sekali permainan seru seperti flying fish, banana boat, jet ski, parasailing, serta naik boat melihat ikan hias di terumbu karang dan penangkaran penyu di Pulau Penyu, Nusa Lembongan. Setelah bergosong-gosong ria di laut, kami kembali ke hotel untuk beristirahat.




Hari terakhir diisi dengan diskusi bebas, dan casual trip di sekitar Pantai Kuta dan Seminyak. Banyak toko-toko unik, cafe-cafe dan galeri-galeri yang bisa menjadi inspirasi bagi semua anggota tim. Untungnya hotel tempat kami menginap, Kutabex Kuta Bali, berada di lokasi yang sangat strategis, sehingga mengitari Kuta sangat mudah dan nyaman.



Rasa kebersamaan yang muncul dalam perjalanan ini membuat semangat untuk bekerja sama dan melayani ladyloves SimplyMii menjadi semakin berlipat ganda. Banyak hal yang bisa dipetik dari perjalanan tersebut, mulai mengenali karakter masing-masing personel lebih dalam, serta bagaimana mencari solusi untuk mengatasi permasalahan yang muncul.

Itulah kira-kira sekelumit perjalanan tim SimplyMii ke Bali, sampai jumpa di SimplyMii Trip berikutnya.



28

Mar

2017

ATHENS

Posted by simplymii

Acropolis of Athens: Jika kita membaca buku-buku dan literatur sejarah, di jaman keemasan Yunani kuno dimana mereka mengembangkan ilmu filosofi, astronomi, matematika, kimia, dll. Athena aau Athens dalam bahasa Inggris ini adalah pusat kebudayaan Eropa di jaman itu.

Kelak, karya-karya kaum Yunani ini seperti dalam matematika, astronomi dan ilmu kedokteran dikembangkan lagi oleh ilmuwan-ilmuwan bangsa Arab seperti Jabbir Ibn Hayyan (Ilmu Kimia/Alchemy - abad ke-8 Masehi), Al-Battani (Ilmu Astronomi - 850 922M), Al-Razi dan Al-Zahrawi (Ilmu kedokteran), dll.

Kaum Athena sendiri memiliki filsuf yang terkenal dan sampai sekarang karya-karya mereka masih dikenang: Socrates dan muridnya Plato (Scorates mungkin tidak banyak menulis, tapi Plato lah yang banyak menelurkan karya filosofi), serta murid Plato Aristoteles.

Di jaman tersebut, artis-artis teater dan drama seperti Aeschylus, Aristophanes, Euripides, Menander dan Sophocoles yang bermain di teater Dionysius Acropolis, juga berkembang dengan pesat. 

 

 

Athens juga sempat di bawah kekuasan banyak Imperium seperti Byzantium, Frankish, Romawi, dan Ottoman. Serta diserbu oleh bangsa Persia dibawah Kaisar Darius dan kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Xerxes, dengan kekuatan yang jauh lebih besar. Salah satu pertempuran yang terkenal digambarkan dalam film 300, dimana Raja Leonidas dari Sparta beserta 300 orang pasukannya, berusaha menahan ratusan ribu pasukan Persia di Thermophylae.

Athens dan Acropolis (yang berarti Acro = tanah tinggi, dan Polis = kota), dibangun kembali oleh Pericles (+/- 495 tahun sebelum Masehi) setelah ancaman dari bangsa Persia mereda. Di masa ini kuil Parthenon didirikan.

Satu cerita menarik setelah kuil Parthenon dibangun: pada saat Athens di bawah dinasti-dinasti besar seperti tersebut di atas (Byzantine, Romawi dan Ottoman), di area tersebut pernah didirikan sebuah Gereja oleh orang-orang Bizantium, dan masjid oleh orang-orang Turki (tahun 1460 Masehi). Konon kabarnya, Sultan Mehmed II sengaja membangun masjid di Parthenon sebagai bentuk peringatan terhadap kudeta gagal orang-orang Yunani terhadap imperium Ottoman.

Namun sayangnya kemudian pada saat direstorasi setelah bangsa Yunani memerdekakan diri dari wangsa Ottoman, semua bangunan tambahan termasuk masjid tersebut dirubuhkan oleh orang-orang Athena. 


Perang yang bertubi-tubi, seperti perang dengan bangsa Persia dan Venesia membuat Parthenon sempat hancur. Beberapa Kaisar Romawi seperti Julius, Herodes, dll telah berusaha melakukan restorasi. Dan tahun 1800-an di bawah kekasiran Ottoman, beberapa restorasi juga sempat dilakukan. Usaha-usaha untuk melakukan restorasi akhirnya dilanjutkan sampai sekarang oleh pemerintah Yunani,  sejak tahun 1975. 








26

Mar

2017

MIMI ALYSA JOURNEY IN SANTORINI

Posted by simplymii




(Greek: Σαντορίνη, pronounced [sandoˈrini]) adalah sebuah pulau di selatan Yunani, tepatnya di laut Aegea bagian paling selatan dari gugus kepulauan Cyclades. Santorini ini pernah mengalami letusan gunung berapi yang dahsyat 3.600 tahun yang lalu, sehingga permukaan pulau ini dan bekas kawah besar yang terisi air laut di tengah tengahnya, sebagian besar terbentuk dari hasil letusan tersebut.

 

Nama Resmi pulai ini sebenarnya adalah Thēra, nama populer "Santorini" berasal dari Dinasti Ottoman yang menguasai daerah tersebut di sekitar 1453 dan sering menyebutnya sebagai Santurin atau Santoron.

Tahun 1537, setelah kejatuhan Konstatinopel oleh para pejuang Ottoman, dinasti Ottoman di bawah Hizmir Hayreddin Pasha atau Barbarossa Pasha (Si Janggut Merah Pasha) menundukkan penguasa Venesia yang tadinya mengontrol kawasan Laut Tengah dan sekaligus menguasai Santorini sampai tahun 1912. Di tahun tersebut, Yunani memasukkan Santorini ke dalam wilayahnya setelah mereka mendeklarasikan kemerdekaan dari Turki - Dinasti Ottoman.



Ciri Khas Santorini adalah semua bangunan di tebing berwarna putih, dengan sedikit aksen biru, menyihir para turis mancanegara yang mengunjungi pulau tersebut. Keindahan alam dan masyarakatnya yang ramah, membuatnya menjadi destinasi wisata yang sangat popular di Eropa.




Greek Yoghurt dan Greek Cheese (terbuat dari susu kambing) ditambah Olive Oil (Minyak Zaitun) adalah makanan khas Yunani yang sangat menyehatkan jantung. Hidangan yang segar ini memang sangat pas memang untuk cuaca yang sedikit panas di kawasan mediteranea atau laut tengah.

Greek Yoghurt sendiri menjadi popular di dunia, karena para pembuat yoghurt ini melakukan satu langkah tambahan untuk memastikan kandungan air, laktosa, dan mineral menjadi berkurang. Hasilnya adalah yoghurt yang lebih creamy, rendah gula, dan kaya karbohidrat. Tingkat keasaman yang dihasilkan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi yang lain.

Ikuti petualangan Mimi Alysa & Friends di Santorini via Instagram

20

Mar

2017

MIMI EURO TRIP

Posted by simplymii

European cultures and countries adalah sumber inspirasi yang tiada habisnya bagi Mimi Alysa. Saat ini Mimi sedang melakukan travelling from London - York - Milan - Venice - Santorini - Amsterdam - Frankfurt untuk memperkaya koleksi-koleksi terbaru di Spring/Summer dan Fall/Winter nanti.

Sementara itu, sebagian koleksi SimplyMii and Mimi Alysa (premium label) previewnya akan ditampilkan di account Instagram Mimi Alysa.

Follow her journey on Instagram: @mimialysa  , stay tuned #ladyloves.




12

Dec

2016

MELBOURNE - SPRING/SUMMER 2017

Posted by simplymii

Melbourne Day 1.

Sejarah

Melbourne, Australia? Wow. Saat beberapa bulan yang lalu sahabat-sahabat ingin melakukan perjalan ke negeri Kanguru tersebut untuk menonton sebuah konser musik, tiba-tiba muncul ide untuk membuat koleksi spesial Spring/Summer 2017 yang terinspirasi dari kota ini.

Sedikit sejarah mengenai kota terbesar kedua di Australia ini, sebelum kaum pendatang dari Eropa mulai menetap dan membangun kota ini seperti sekarang, daerah lembah Yarra dan Port Phillip adalah tempat berkumpulnya aliansi 5 suku asli Aborigin yang disebut sebagai Kulin yang sudah hidup di sana kira-kira 31.000 - 40.000 tahun yang lalu.

Sumber air dari sungai Yarra, seperti foto di atas, adalah lokasi terbaik bagi suku-suku asli tersebut untuk menetap, dan bertahan hidup dengan cara berburu hewan dan mencari ikan di sepanjang sungai Yarra.

Tahun 1797, George Bass, melakukan ekspedisi perdana ke area tersebut, bersama 6 orang kru kapan pencari ikan Paus dan mendarat di Port Phillip setelah melakukan perjalanan laut yang melelahkan dari Tasmania. Beliau melalui sebuah selat yang terletak antara Pulau Tasmania dan Australia, sehingga untuk mengenang perjalanan tersebut, selat tersebut dinamakan dengan Selat Bass (bass Strait).

Namun, beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1835, John Batman, seorang pengusaha dan petani sukses di Tasmania utara, yang mampu membuat perundingan dan perjanjian untuk membeli tanah seluas 600,000 acres di sekitar Melbourne dan 100,000 di sekitar Geelong. Dan setelah sejarah panjang dan berliku, akhirnya Melbourne menjadi kota seperti sekarang.

Top 10 things to do in Melbourne

Hal wajib yang perlu dilakukan di Melbourne adalah mencari makanan halal. Agak sulit memang, tapi restoran seperti Fat Oma (makanan Indonesia) adalah satu yang bisa dinikmati oleh turis-turis Indonesia. Atau bisa juga mencari di restoran-restoran halal lainnya seperti Gazi, B'stilla, Sezar, Rumi atau Supernormal. Atu bisa juga kunjungi beberapa resto Pakistan/Arab yang menjual kebab halal.

Tempat lain yang wajib dikunjungi di Melbourne adalah coffee shop-coffee shop keren di seputaran Melbourne seperti St. Ali, Max Brenner, Grain Store, Market Lane.

Max Brenner sangat terkenal akan kelezatan olahan coklatnya, menu yang wajib dicoba adalah American Hot Choco, ini berisi coklat panas dengan marshmallow. Dan Strawberry Dip, ini strawberry dicelupkan dalam coklat cair manis. Perpaduan rasa strawberry yang mani-manis asam dengan coklat yang manis legit, membuatnya kudapan yang pas di malam hari.





Sebenarnya masih banyak sekali spot-spot bagus di Melbourne yang akan diulas, tapi mohon bersabar, kisah Melbourne Part 2 akan segera dilanjutkan.

Stay Tuned.